Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pemerintahan » Ciamis » Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Pemilu Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas oleh Bawaslu

Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Pemilu Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas oleh Bawaslu

(29 Views) Maret 2, 2023 11:16 am | Published by | No comment

Swaragapura.com

Jelang pemilu 2024 Badan pengawas pemilu (Bawaslu) kabupaten Ciamis adakan sosialisasi bertajuk pengawasan inklusif bagi penyandang disabilitas yang bertempat di Aula Pepabri LVRI kabupaten Ciamis, Rabu (1/3/2023). Dalam kegiatan tersebut Bawaslu kabupaten Ciamis menggandeng para disabilitas agar memahami hak pilih pada pemilu 2024 mendatang.

Anggota Bawaslu komisioner divisi P2 hm Samsul Maarif mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan sosialisasi pengawasan dan partisipasi hak pilih kepada para penyandang disabilitas meskipun kegiatan ini yang ke tiga kalinya.

“Sosialisasi ini bertujuan agar semua penyandang disabilitas bisa mendapatkan hak pilihnya, yang dilindungi oleh Undang Undang seandainya tidak masuk dalam daftar pemilih silahkan laporkan dan kami akan keĀ  KPUĀ  agar terfasilitasi dengan baik, serta diharapkan KPU mencari penerjemah bagi tuna wicara sehingga kaum disabilitas mendapatkan pelayanan yang ramah saat di TPS”, tandasnya.

Menurut anggota KPU Divisi Sos.Diklih Parmas dan SDM, Muharam Kurnia Drajat, ST., mengungkapkan, “kegiatan ini merupakan memberikan pendidikan kepada pemilih disabilitas, di KPU juga sama memberikan pemahaman dalam meningkatkan partisipasi juga peningkatan kualitas demokrasi nya,” ungkapnya.

“Untuk disabilitas pada tahun 2019 di KPU ada Relawan Demokrasi (Relasi) dalam Relasi itu ada bagian disabilitas kita merekrut mereka dari tuna rungu,tuna daksa dan tuna wicara  serta mereka yang memberikan pemahaman kepada para pemilih disabilitas dan kita dari KPU terus melakukan pendampingan,” paparnya.

“Untuk di TPSĀ  kita menyesuaikan kebutuhan di TPS, tidak semua TPS ada , untuk tahun 2019 jumlah hak pilih disabilitasĀ  42103 hak pilih yang tercatatĀ  danĀ  yang datang ke TPS 1520 hak pilih, untuk tahun sekarang belum bisa di prediksi berapa jumlah hak pilihĀ  karena sekarang ini baru ke tahap pencoklitan,” Ā tandasnya.

Selain menghadirkan penyandang disabilitas Bawaslu juga menghadirkan para pendamping supaya dalam sosialisasi terhadap para disabilitas tersampaikan dengan baik. (SG.W-028/mon)

Categorised in:

No comment for Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Pemilu Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas oleh Bawaslu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *